.

Panggilan Pendaftaran untuk Residensi KOTA 2025

Residensi KOTA 2025, Program Residensi Riset-Kreasi di Paris untuk Seniman yang berbasis di Indonesia.

Institut français Indonésie (IFI) dan Cité internationale des arts dengan bangga mengumumkan kerja sama dan peluncuran program residensi riset-kreasi yang ditujukan bagi seniman Indonesia dari berbagai disiplin ilmu yang saat ini tinggal dan bekerja di Indonesia. Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong dan memfasilitasi mobilitas para seniman yang berbasis di Indonesia, sekaligus memperluas jaringan profesional dan artistik mereka.

Para mitra berkomitmen untuk mendukung proyek setiap pemenang dengan menawarkan bimbingan khusus, kesempatan berjejaring, dan residensi selama 3 bulan yang didanai penuh di Paris.

Setelah menerima pendaftaran dan juri yang terdiri dari para profesional di bidang seni dan budaya, dua pemenang akan dipilih. 

Berikut ini adalah semua informasi yang diperlukan dan rincian praktis (pastikan untuk membaca dengan seksama sebelum mengirimkan aplikasi Anda). 

Residensi ini akan berlangsung dari 3 Januari hingga 27 Maret 2025 di Cité Internationale des Arts di Paris.

Sebagai bagian dari program ini, para pemenang akan menerima: 

  • Bimbingan profesional, sesi jaringan, dan pertemuan yang diselenggarakan oleh mitra residensi
  • Sebuah apartemen studio di lokasi Marais di Cité Internationale des Arts, yang menggabungkan tempat tinggal dan ruang kerja
  • Tunjangan hidup bulanan sebesar €850
  • Transportasi internasional pulang-pergi ke Paris, asuransi perjalanan, dan biaya visa

Catatan: Transportasi karya seni atau bahan eksperimental tidak akan ditanggung. Laporan pengalaman akan diminta di akhir masa residensi.

Dua aplikasi akan dipilih.

Persyaratan dan Kriteria Seleksi 

Program residensi KOTA tidak memiliki batasan usia dan terbuka untuk individu dari semua kewarganegaraan, asalkan mereka telah tinggal dan bekerja di Indonesia selama minimal 7 tahun. 

Pelamar harus: 

  • Memiliki praktik artistik atau penelitian di bidang seni visual dan pertunjukan, penelitian musik dan suara, pertunjukan langsung, penulisan, desain, arsitektur-urbanisme, praktik kuratorial, atau kritik seni
  • Mampu menunjukkan pengalaman artistik profesional minimal 5 tahun
  • Mampu berkomunikasi dan terlibat dalam bahasa Inggris atau Prancis

Untuk salah satu dari dua hibah tersebut, perhatian khusus akan diberikan kepada seniman yang karyanya mengangkat tema-tema yang berkaitan dengan daerah terpencil di luar pusat kota besar di nusantara atau yang memiliki hubungan dengan daerah-daerah tersebut. 

Aplikasi kelompok (duo, pasangan, kolektif) dapat diterima, tetapi hanya satu set tunjangan yang akan diberikan: satu tiket penerbangan, satu apartemen studio, satu tunjangan hidup, dan cakupan biaya transportasi. 

Aplikasi akan ditinjau oleh juri yang terdiri dari perwakilan dari mitra program dan para profesional yang berkualifikasi. 

Selain mengevaluasi latar belakang profesional pelamar, juri akan memberikan perhatian khusus pada kualitas artistik proyek, alasan yang diberikan untuk nilai tambah dari pengalaman residensi di Paris dan di Cité internationale des arts, protokol kerja yang diusulkan, dan kontak atau kemitraan yang sudah ada dalam rangka pengembangan proyek residensi.

Jadwal sementara 

  • Periode pendaftaran: 25 September hingga 22 Oktober 2024 
  • Pengumuman hasil: 6 November 2024
  • Tanggal tinggal: 3 Januari hingga 27 Maret 2025

Bagaimana cara mendaftar? 

Aplikasi untuk program residensi Cité internationale des arts diajukan melalui formulir online khusus

Untuk mengirimkan aplikasi Anda, Anda memerlukan akun Google. Jika Anda belum memilikinya, silakan buat akun Google terlebih dahulu. 

Jika Anda tidak dapat mengakses pendaftaran online, silakan hubungi kantor residensi Cité internationale des arts di: admissions@citedesartsparis.fr

Setelah aplikasi Anda selesai, tidak ada modifikasi yang dapat dilakukan. Mohon lengkapi formulir seakurat mungkin.

Materi Aplikasi 

Dokumen-dokumen berikut ini akan diminta dalam bahasa Inggris atau bahasa Prancis: 

  • CV yang terperinci (maksimum 4 halaman)
  • Portofolio artistik atau catatan proyek yang telah diselesaikan, termasuk visual karya dengan keterangan lengkap (maksimum 15 halaman), dan, jika ada, tautan video, file audio (mp3, avi) yang merepresentasikan karya Anda
  • Pernyataan niat, menjelaskan motivasi yang mendorong pendekatan Anda dan minat Anda untuk bergabung dengan program residensi. Anda harus menjelaskan mengapa karya Anda memerlukan residensi di Paris dan di Cité internationale des arts, dari sudut pandang artistik, karier, dan jaringan (maksimal 3 halaman).

Ketentuan Residensi 

Para pemenang akan tinggal di studio-apartemen di lokasi Marais di Cité internationale des arts. Ruang-ruang ini berkisar antara 25 hingga 50m² dan dirancang untuk menggabungkan penelitian-kreasi dan kehidupan sehari-hari. Masing-masing memiliki ruang kerja, dapur, kamar mandi, dan ruang tidur. Apartemen studio dapat menampung hingga dua orang dewasa dan satu anak di bawah 7 tahun. Biaya tambahan akan dikenakan untuk orang yang menemani. 

Sayangnya, akomodasi yang disediakan belum memenuhi standar aksesibilitas untuk penyandang disabilitas, namun upaya untuk memenuhi standar aksesibilitas sedang dilakukan untuk masa depan. 

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang aksesibilitas ruang di Cité internationale des arts, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Institut français Indonésie

Institut français Indonésie (IFI) adalah sebuah lembaga di bawah Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, dengan cabang di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. IFI bertujuan untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Prancis di bidang ilmiah, akademik, bahasa, dan budaya. Selain menawarkan kursus bahasa Prancis di semua tingkatan, IFI juga mendukung para pelajar, guru, peneliti, dan seniman untuk mendapatkan kesempatan belajar di Prancis, bekerja sama dengan lembaga nasional Campus France. 

Di samping inisiatif pendidikan dan keilmuannya, IFI juga secara aktif terlibat dalam promosi budaya dan seni. IFI menyelenggarakan berbagai acara mingguan di seluruh jaringannya, mulai dari debat, sastra, pertunjukan langsung, gastronomi, sinema, dan arsitektur.  IFI juga mendukung pengembangan industri budaya dan kreatif dengan memfasilitasi program-program dukungan dan kesempatan berjejaring secara profesional.

Cité Internationale des Arts 

Cité Internationale des Arts adalah residensi seniman yang mempertemukan para kreator di jantung kota Paris, yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan penelitian dan proyek-proyek kreatif di semua disiplin ilmu. 

Untuk periode mulai dari dua bulan hingga satu tahun, Cité Internationale des Arts menawarkan lingkungan yang kondusif untuk berkreasi, membina hubungan dengan para profesional di sektor budaya. Para penghuni mendapat manfaat dari dukungan pribadi dari tim Cité Internationale des Arts. 

Baik di lokasi Marais maupun Montmartre, residensi ini memfasilitasi interaksi dan dialog dengan lebih dari 300 seniman dan budayawan dari berbagai generasi, kewarganegaraan, dan disiplin ilmu. 

Bekerja sama dengan berbagai mitra, Cité Internationale des Arts secara teratur mengeluarkan panggilan untuk aplikasi residensi tematik atau berbasis proyek sepanjang tahun.

Bagikan:

WhatsApp
Facebook
Twitter