Sains dan Teknologi

MEDIA SOSIAL: KETIKA ALGORITMA DAN MANUSIA MENCARI KEBENARAN

IFI mendukung program kelas Berbagi yang diinisiasi oleh Akademi Berbagi dan didukung oleh Akademi Ilmuwan Muda Indonesia pada hari Sabtu, 14 januari 2017 di Auditorium IFI Jakarta dengan mengangkat tema Media Sosial: Ketika Algoritma dan Manusia Mencari Kebenaran”.

Hadir sebagai pembicara; Dr. Roby Muhamad, Dr. Inaya Rakhmani, Wisnu Nugroho, Yusuf Arifin, serta Ndoro Kakung sebagai moderator.

Kelas berbagi yang merupakan edisi perdana di tahun 2017 ini dihadiri oleh lebih dari 100 orang. Dibuka oleh Ainun Chomsun selaku penggagas Akademi Berbagi.

Kelas diisi dengan pemaparan oleh Dr. Roby Muhamad (pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia) dan Dr. Inaya Rakhmani (pengajar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia) mengenai prosedur otak dalam menangkap informasi serta hubungannya dengan penangkapan informasi yang diterima melalui jejaring sosial serta tren jejaring sosial di kalangan kelas menengah Indonesia.

Kelas dilanjutkan dengan tanggapan pada paparan kedua akademisi oleh Wisnu Nugroho, Pemimpin Redaksi kompas.com serta Yusuf Arifin, mantan wartawan BBC dan mantan Pemimpin Redaksi CNN Indonesia yang kini menjadi Kepala Bagian Kemitraan media Kumparan.com.