Sains dan Teknologi

Ekspedisi lengguru: menjelajah surga perawan Papua

Terletak di pegunungan karst Papua Barat, Lengguru adalah salah satu surga yang belum terjamah di planet ini.

 

 

Papua adalah sejentik wilayah di mana tiga lempeng tektonik saling bertemu. Tumbukannya memahat alam sedemikian rupa sehingga ia sulit ditembus, kecuali oleh flora dan fauna yang berkatnya hidup dalam ekosistem yang nyaman di sana.

LIPI bersama lembaga penelitian Prancis, IRD, sejak 2012 bekerja sama untuk membuat sebuah ekspedisi yang difilmkan. Setelah melakukan survei pada 2010, akhirnya ekspedisi ini dilaksanakan selama 6 minggu pada 2014. Hampir 200 orang terlibat di dalamnya. Ratusan spesies burung, tumbuhan, mikro organisme dan ikan ditemukan di antara banyak spesies lainnya. Para peneliti mempelajari dan menganalisa semua misteri alam yang mereka temukan di sana, dari ikan tak bermata yang hidup di perairan gua sampai beragam varietas anggrek yang sebelumnya tidak pernah diketahui. Hasil penelitian ini kelak bermanfaat untuk ilmu kedokteran, alimentasi dan kosmetik di masa depan.

Ekspedisi ini adalah juga sebuah kesempatan langka nan hebat untuk lebih memahami Bumi dan cara menjaganya. Hal itulah yang tengah diupayakan oleh tim peneliti melalui berbagai media komunikasi yang mereka buat (poster, video, pameran, foto, testimoni) untuk menyebarluaskan pengetahuan baru yang mereka kuak.

Pada 2016, mereka kembali ke Lengguru untuk melanjutkan ekspedisi mereka dan demikian pula di tahun-tahun berikutnya sampai semua misteri alam Lengguru terungkap.

 

Video : https://youtu.be/5p9QudeVlhI