Diskusi

Akuakultur Gurami di Indonesia

2 November 2017 | 10.00
Perpustakaan Nasional

Jalan Medan Merdeka Selatan No. 11 Jakarta - Lantai 17

GRATIS

Reservasi: Eventbrite

Diproduksi oleh AIPI & IFI

 

Indonesia memiliki sejarah akuakultur yang panjang. Sekarang ini, Indonesia menjadi produsen ikan keempat terbesar di dunia yang menjadikan sektor ini sangat penting untuk pertahanan pangan negara. Namun, pertumbuhan pesat sektor ini memberikan dampak sosio-ekonomi dan lingkungan.

 

Salah satu contoh yang sangat nyata ialah ikan gurami. Indonesia menyuplai  97% produksi gurami dunia yang menjadikannya produsen gurami nomor satu di dunia. Beberapa tahun terakhir, produksi nasional meningkat tajam (rata-rata lebih dari 16% per tahun!) meskipun ada banyak permasalahan yang berkaitan dengan intensifikasi budidaya, seperti peningkatan tingkat kematian, rantai produksi, dan harga ikan gurami, serta menurunnya produktivitas.

 

Institut Riset untuk Pengembangan (IRD) dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama untuk mengevaluasi permasalahan-permasalahan yang dirasakan oleh para petani gurami, meneliti, serta mengembangkan solusinya. Segala permasalahan beserta hasil riset tersebut akan dipresentasikan oleh peneliti dari kedua lembaga bersama petani gurami setempat.