Sains dan Teknologi

AAP Nusantara 2017

 

Program Hubert Curien (PHC) adalah sebuah program Kementerian Luar Negeri dan Riset & Pendidikan Tinggi Prancis yang ditujukan bagi masing-masing negara mitranya guna menutupi kelebihan biaya (additional cost) atas kerjasama internasional. Versi Indonesia, NUSANTARA, mendanai mobilitas peneliti dan biaya riset yang dilakukan di Indonesia. Tahun ini formatnya berubah manjadi ANNUAL (bukan lagi BI-ANNUAL), yang menandakan relasi yang makin intensif dari kedua negara. Jumlah proposal NUSANTARA yang masuk tahun 2016 adalah empat kali dibanding tahun 2012, dan tahun 2017 kemungkinan akan naik lagi.

 

Prancis adalah negara pertama yang menerima pelatihan para peneliti yang didanai oleh kemRISTEKDIKTI Indonesia. Lebih dari 200 kandidat PhD dari Indonesia yang saat ini berada di Prancis, dan lebih dari 500 peneliti Prancis terlibat secara aktif dalam proyek-proyek dengan Indonesia (lebih dari 150 proyek sedang berjalan). Kerjasama bilateral Riset semakin hari semakin terstruktur dan dinamis.  

 

Panggilan Proyek PHC Nusantara edisi 2017 dibuka pada tanggal 3 Februari 2017 dan akan ditutup tanggal 2 Maret 2017 jam 7 (waktu Paris) untuk program mobilitas.

 

File Call4pro

ApplyForm

 

Informasi lebih lanjut versi Prancis AAP Nusantara 2017: http://www.campusfrance.org/nusantara

Versi Indonesia Nusantara 2017 dapat dilihat di : http://ristekdikti.go.id/program-nusantara-2017/

Lihat edisi 2016 : http://ifi-id.com/fr/sains_teknologi/AAP