IFI

Presentasi

Institut Prancis di Indonesia (IFI), hasil penggabungan Bagian Kerja Sama dan Kebudayaan (SCAC) Kedutaan Besar Prancis dan pusat-pusat kebudayaan Prancis (CCF) di Indonesia, merupakan badan yang melaksanakan seluruh aksi kerja sama budaya antara Prancis dan Indonesia. Perubahan kebijakan politik kebudayaan Prancis di luar negeri ini dilakukan agar jaringan kebudayaan Prancis di seluruh dunia, bergandengan tangan dengan Alliance Française yang tahun ini merayakan hari jadinya yang ke-100, berjalan dalam sistem yang unik, lebih terlihat dan bernaung di bawah payung yang sama (Institut Français); selain itu, memiliki otonomi finansial agar pengelolaan bidang-bidang yang dibawahinya (kebudayaan, linguistik dan universitas) dapat berjalan dengan fleksibilitas yang maksimal.

 

Institut Français mendukung kebebasan berekspresi dan keberagaman dalam konteks globalisasi seraya menunjukkan kompetensi dan keahliannya dalam mempromosikan budaya Prancis di seluruh dunia. Institut Français adalah perpanjangan tangan dan alat kerja sama Prancis, serta wadah para ahli dan konsultasi. IFI berkecimpung di politik ini dalam 3 bidang:

 

· Kebudayaan : beragam kegiatan budaya dan kolaborasi proyek-proyek seni;

· Linguistik : kursus bahasa Prancis, sertifikasi bahasa, pelatihan untuk pengajar bahasa Prancis dan pendidikan kejuruan;

· Kerjasama Ilmiah dan Universitas: promosi pendidikan tinggi Prancis, program beasiswa, kerja sama universitas, kerja sama penelitian, seminar-seminar tematik.


IFI hadir di 4 kota di Indonesia: Bandung, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta. Keempat cabang tersebut menyediakan kursus bahasa Prancis, informasi tentang kegiatan budaya IFI dan biro konsultasi Campus France.

Agar IFI menjadi lebih semarak dan rekan-rekan mahasiswa dapat lebih mengenal Prancis, kebudayaannya, serta peluang kuliah di Prancis, IFI membuka Warung Prancis di berbagai universitas di Indonesia.