Budaya

Pembukaan Museum Louvre Abu Dhabi

11 November 2017

Abu Dhabi, UEA

 

Museum Louvre Abu Dhabi lahir dari Perjanjian Antarpemerintah yang ditandatangani oleh Prancis dan Uni Emirat Arab pada tanggal 6 Maret 2017. Persetujuan tersebut memuat prinsip-prinsip umum pembangunan museum dunia Arab pertama yang akan menyandang nama Louvre sampai akhir masa berlaku perjanjian pada tahun 2037.

 

Pada pembukaannya nanti, Museum Louvre Abu Dhabi akan memamerkan lebih dari 950 karya, baik pemberian maupun pinjaman dari 13 museum Prancis. Agence France Museum yang memimpin pengembangan konsep proyek ini dan yang akan menjadi operatornya, dipercaya untuk menyelenggarakan 4 pameran per tahun sampai tahun 2020. Pameran perdana yang akan dipersembahkan untuk pembukaan museum nanti dipersiapkan oleh Museum Louvre di Paris dengan judul "Kelahiran Museum Louvre pada Abad ke-18".

 

Museum Louvre Abu Dhabi merupakan megaproyek pertama sejak didirikan museum dengan ukuran serupa pada tahun 1872, yaitu Metropolitan Museum of Art di New York. Terletak di kawasan budaya di Pulau Saadiyat, pembangunan Museum Louvre Abu Dhabi kelak tidak akan sendirian. Ia akan berdampingan dengan Museum Nasional Zayed (yang dirancang bersama British Museum) dan Museum Guggenheim (yang rencananya akan dibuka pada tahun 2020). Museum Louvre Abu Dhabi juga merupakan proyek kebudayaan terbesar yang pernah diampu Prancis sekaligus menunjukkan keahlian Prancis di bidang kebudayaan di mata dunia.

 

Sebagai museum dunia Arab pertama, Museum Louvre Abu Dhabi menjadi bukti kerja sama kebudayaan yang tak ada tandingannya antara Prancis dan Uni Emirat Arab, yang dibangun sebagai ruang difusi pengetahuan, dialog antarbudaya, toleransi, dan keragaman budaya.

 

Pembukaan museum ini menjadi kesempatan tersendiri bagi Prancis untuk meneguhkan pengakuan atas lembaga-lembaga kebudayaannya, serta kualitas keahlian Prancis di bidang tersebut di Abu Dhabi, kota yang tengah menegaskan dirinya sebagai pusat kebudayaan di persilangan Asia, Timur Tengah, dan Eropa.

 

Museum Louvre Abu Dhabi merupakan proyek kebudayaan hasil kerja sama bilateral terbesar yang pernah Prancis kerjakan. Ia menjadi penanda kuatnya dan betapa istimewanya hubungan antara kedua negara.