Kerjasama

Kompetisi Airbus Fly Your Ideas : Prancis maju ke final berkat tiga mahasiswa asal Indonesia di Toulouse

Lebih dari 350 karya telah bersaing dalam kompetisi mahasiswa internasional Fly Your Ideas 2017, yang diselenggarakan sejak 2008 oleh Airbus, bekerja sama dengan UNESCO. Tujuan dari kompetisi ini adalah memanggil mahasiswa dari seluruh dunia terkait solusi inovatif yang berkelanjutan untuk penerbangan masa depan. Lima tim finalis, yang salah satunya dari Prancis dan terdiri atas tiga mahasiswa Indonesia, akan berkompetisi untuk memenangkan edisi kelima ini.

 

Dinamakan PassEx, tim Prancis ini beranggotakan tiga mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang menjalani tahun kedua studi master di Toulouse. Mukhtar Amin, mahasiswa Institut supérieur de l'Aéronautique et de l'Espace (ISAE), adalah penerima beasiswa perusahaan MBDA – ISAE – Institut Prancis di Indonesia untuk studi masternya. Rekan-rekan setimnya adalah Raisa Ricco, mahasiswi Institut d'Administration des Entreprises (IAE) Toulouse dan Dicky Adhitya Dwiantoro, mahasiswa Ecole nationale de l'Aviation civile (ENAC).

 

Karya mereka yang berjudul Compact Luggage Strategy Mobile App menyasar sistem boarding revolusioner yang menggunakan aplikasi mobile real-time, yang memungkinkan penumpang untuk mendapatkan status boarding sesuai dengan ukuran barang bawaannya.

 

Kelima tim finalis akan berangkat ke Toulouse untuk menghabiskan satu minggu di fasilitas ProtoSpace Airbus untuk membuat purwarupa, menguji dan memvisualisasikan ide-ide mereka, menggunakan alat-alat yang sangat canggih dan dengan dipandu oleh para insinyur Airbus. Di akhir minggu kompetisi tersebut, para mahasiswa akan mempresentasikan proyek mereka dan purwarupa yang telah dikembangkan, di depan juri yang beranggotakan tokoh-tokoh dunia industri dan universitas serta pakar Airbus. Dua hadiah, masing-masing adalah 30.000 euro dan 15.000 euro, akan dimenangkan oleh dua karya terbaik dan akan diserahkan di Toulouse, 17 Mei 2017.

 

Institut Prancis di Indonesia mengucapkan semoga sukses kepada ketiga mahasiswa Indonesia dari tim PassEx dengan karyanya.

 

Untuk informasi lebih lanjut : klik di sini