Kerjasama

PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN BAHASA PRANCIS “PENGAJAR BAHASA PRANCIS UNGGULAN"

11 - 14 September 2017

PPPPTK Bahasa

 

Bekerja sama dengan PPPPTK Bahasa, bagian Kerja Sama Bahasa Prancis Institut Prancis Indonesia (IFI) menyelenggarakan Pelatihan peningkatan kualitas pengajaran bahasa Prancis “ Pengajar Bahasa Prancis Unggulan (PBPU)“, yang ditujukan bagi para guru bahasa Prancis Sekolah Menengah Atas pada tanggal 11 – 14 September 2017.

 

Pelatihan ini merupakan fase pertama dari rangkaian program nasional yang nantinya akan diusulkan kepada seluruh guru di berbagai provinsi di Indonesia. Disusun dengan tujuan untuk memberikan dukungan konkret di bidang pengajaran bahasa Prancis kepada para guru, pelatihan ini akan memberikan pengetahuan kepada mereka untuk mengidentifikasi prinsip-prinsip pengajaran sesuai dengan Kerangka Acuan Bersama Eropa untuk Bahasa (CECRL), untuk lebih mengetahui praktik terbaru dalam pengajaran bahasa Prancis sebagai bahasa Asing (FLE), untuk menyelaraskan alat dan bahan ajar, untuk berinovasi dengan berbagai sumber digital (IFcinéma, Culturethèque, TV5Monde, IFprofs) serta mempersiapkan lebih baik lagi para siswa untuk mengikuti sertifikasi internasional DELF.

 

Berasal dari berbagai provinsi di Indonesia (DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Sulawesi Utara), 27 pengajar terbaik dan 3 widyaiswara PPPPTK Bahasa berkumpul di Jakarta untuk mengikuti pelatihan intensif selama 32 jam.

 

Pelatihan ini juga memberikan kesempatan bagi IFI untuk mempersiapkan peluncuran jaringan sosial profesional IFProfs (dijadwalkan bulan November saat Kongres Perhimpunan Pengajar Bahasa Prancis) yang merupakan alat profesionalisasi dan pelatihan berkelanjutan. IFprofs dapat memberikan berbagai sumber dan metodologi pengajaran kepada para guru, serta memungkinkan mereka untuk saling mengenal dan berbagi informasi dengan guru-guru bahasa Prancis di Indonesia dan dunia.