MEDIATEK IFI JAKARTA

Mediatek IFI Jakarta melalui berbagai dokumen yang tersedia, bertujuan untuk memperkenalkan masyarakat Prancis kontemporer dan negara-negara penutur bahasa Prancis kepada para anggotanya. Untuk itu, Mediatek selalu siap sedia membantu para pengguna menggunakan berbagai sarana yang ada.


Pengaksesan dokumen di tempat tidak dikenai biaya dan peminjaman hanya boleh dilakukan oleh anggota. Pengguna dimohon untuk bertanggung jawab terhadap dokumen yang digunakan di tempat maupun yang dipinjam. Dilarang mencoret dan merobek koleksi buku dan majalah. Bila terjadi kerusakan, harap melaporkannya dan tidak memperbaiki sendiri kerusakan tersebut. Pengguna Mediatek harus menjaga ketenangan dan tidak mengganggu pengunjung lain dengan mematikan telepon genggam dan tidak makan, minum, serta merokok di dalam ruangan.

Mediatek juga menerima kunjungan kelompok dengan membuat janji terlebih dahulu. Anggota kelompok yang ingin mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaan harus mendaftar atas nama perorangan.



PENDAFTARAN

Untuk meminjam dokumen pengguna harus terdaftar sebagai anggota Mediatek IFI – Jakarta dengan syarat sbb. :

•   Fotokopi Kartu identitas
•   Membayar iuran keanggotaan


Internet :
Setiap komputer dapat digunakan secara bebas hanya untuk konsultasi situs-situs Prancis. Dilarang menggunakan akses internet untuk membuka email, chatting, meng instal program maupun mengunduh/mengunggah data. Lama penggunaan internet dibatasi hanya 60 menit.

CD ROM dan dokumen audiovisual:
Penggunaan CD ROM atau dokumen audiovisual di tempat tidak dikenakan biaya, untuk itu cukup dengan memilih judul dokumen yang tertera dalam katalog yang tersedia, kemudian pustakawan akan mengambilkannya untuk Anda. Selama konsultasi berlangsung, kartu anggota dan kartu identitas peminjam harap dititipkan pada pustakawan.



PEMINJAMAN
Peminjaman buku hanya dapat diberikan kepada anggota yang telah terdaftar di Mediatek dan sudah membayar iuran anggota. Untuk meminjam diharuskan menunjukkan kartu anggota.

Kartu anggota berlaku selama 1 tahun dengan masa 15 hari untuk setiap peminjaman : 5 dokumen, termasuk maksimum 2 dokumen audiovisual.

Keterlambatan pengembalian buku akan dikenakan denda Rp. 5.000 / buku / 1 periode peminjaman (15 hari) dan Rp. 10.000 / koleksi audiovisual / minggu.

Bila dokumen hilang atau rusak, peminjam waijb mengganti satu setengah kali harga koleksi tersebut. Perpanjangan masa pinjam untuk 1 periode baru diperbolehkan dengan memberitahukan kepada pustakawan via telepon atau email.

Pelayanan online Mediatek melalui situs http://jakarta.opac3d.fr dapat diakses secara gratis setelah pembayaran iuran keanggotaan tahunan.


PEMESANAN
Untuk memesan sebuah dokumen, peminjam cukup menunjukkan kepada pustakawan kartu anggotanya serta dokumen yang ingin dipesan. Jumlah pemesanan dibatasi untuk 4 dokumen dengan masa berlaku pemesanan selama 15 hari. Pemesanan online dapat dilakukan oleh setiap anggota untuk semua tipe dokumen (buku, koran, majalah, CD, CD ROM dan DVD).

 

Beberapa tips praktis untuk melakukan peminjaman berikutnya :
•    Kirimkan pemesanan peminjaman 1 minggu sebelumnya.
•    Tidak diperbolehkan memperbaiki dokumen yang rusak selama peminjaman.
•    Wajib mengganti setiap dokumen yang hilang.