Kerjasama

Lokakarya SHARE ke-3 Mengenai Transfer Kredit Universitas

Campus France menyelenggarakan Lokakarya SHARE ke-3 mengenai transfer kredit universitas pada tanggal 13-14 Maret 2017 di Sekretariat ASEAN di Jakarta. Lokakarya ini diikuti oleh 4 universitas Indonesia (UI, UNDIP, BINUS, IPB) dan 2 universitas Malaysia (UKM, UMS) serta dihadiri oleh utusan dari Sekretariat ASEAN, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, AUN, dan SEAMEO-RIHED.

 

 

Lokakarya ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas universitas peserta dalam merancang program pendidikan yang berbasis pada capaian kompetensi lulusan (learning outcomes) untuk mempermudah transfer kredit antaruniversitas. Partisipasi aktif dari seluruh universitas peserta juga membantu penyelenggara dalam memahami halangan yang membatasi mobilitas mahasiswa Indonesia dan Malaysia ke luar negeri. Diskusi ini juga membahas solusi yang mungkin diambil untuk menyelesaikan kesulitan-kesulitan tersebut.

 

 

 

Terinspirasi dari Proses Bologna atau kesepakatan antara universitas-universitas di Eropa mengenai sistem transfer kredit bersama, Program SHARE berupaya memperkuat sistem pendidikan tinggi di kawasan ASEAN. Dalam program ini, Campus France bertanggung jawab untuk merancang sistem transfer kredit yang berlaku di seluruh negara anggota ASEAN yang sekaligus kompatibel dengan sistem ECTS di Eropa, termasuk di dalamnya pembuatan situs web untuk program pertukaran mahasiswa SHARE, dan perangkat pengawasan program pertukaran mahasiswa ASEAN dan ASEAN – Uni Eropa.