Seminar

KESEHARIAN PELAJAR SMA INDONESIA

oleh Jean-Marc de Grave
2 Agustus 2017 | 17.30
Auditorium IFI Thamrin

Jalan M.H. Thamrin No.20

GRATIS (dengan reservasi)

RSVP : reservation@ifi-id.com

Subjek email: Seminar De Grave

Apa sajakah aktivitas keseharian para pelajar SMA Indonesia? Apa yang mereka lakukan selama seminggu sejak bangun di pagi hari sampai akhirnya tertidur di waktu malam? Apa dan siapa yang mereka pikirkan? Apa harapan dan pilihan mereka? Apa yang mereka nantikan dalam hidup ini?

 

Demikianlah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan dicoba dijawab melalui sebuah penelitian etnografis yang berlangsung selama sepuluh bulan dari tahun 2015 s.d. 2016. Tujuan penelitian tersebut adalah untuk memahami bagaimana anak-anak muda ini menggabungkan nilai-nilai dan praktik-praktik dalam mengarahkan hidup mereka melalui berbagai kegiatan; serta memahami bagaimana mereka menghadapi ritus-ritus kelembagaan di sekolah yang mengalihkan status mereka menjadi dewasa. Hasil penelitian yang paling penting menyentuh spektrum otonomi dan kepercayaan yang mereka dapatkan untuk mengatur sendiri berbagai kegiatan mereka.

 

Pembicara

Jean-Marc de Grave adalah Dosen sekaligus Kepala Peneliti di Jurusan Antropologi Universitas Aix-Marseille. Sebagai anggota Institut de Recherches Asiatiques (IrAsia, AMU-CNRS), ia banyak meneliti tentang ritual-ritual Jawa, pendidikan dan pembelajaran. Pada tahun 2015 dan 2016, ia melakukan penelitian terhadap pelajar-pelajar SMA di Yogyakarta sebagai peneliti dari Institut de Recherche sur l’Asie du Sud-Est Contemporaine (IRASEC, MAEDI-CNRS). Ia juga telah lama bekerja sama dengan beberapa universitas Indonesia, di antaranya UGM dan UNY.