Forum Internasional Pariwisata dan Lingkungan ke-2: Final Kompetisi Mahasiswa 2017

11 – 13 Maret 2017

Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung

 

Kompetisi Forum Internasional Pariwisata dan Lingkungan (FITE) 2017 telah berlangsung pada hari Minggu, 12 Maret lalu di Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung. Tiga mahasiswa Indonesia terpilih sebagai pemenang berkat kualitas dan orisinalitas “solusi bisnis” yang mereka presentasikan di hadapan para juri ahli.

 

Kompetisi 2017: FITE Business Solutions Competition

Bussiness Solutions Competition ditujukan kepada para mahasiswa jurusan pariwisata yang ingin berkontribusi dalam pengonsepan dan pewujudan program-program pariwisata yang berkelanjutan dan ramah tidak hanya terhadap lingkungan, namun juga terhadap masyarakat lokal. Lebih dari 100 mahasiswa telah mendaftar dan mengirimkan solusi kewirausahaan mereka sendiri. Para juri ahli telah memilih 10 partisipan yang berkumpul di Bandung pada tanggal 11 – 13 Maret lalu untuk memperebutkan kursi juara dan tiket ke Prancis untuk mengikuti pelatihan.

 

Sabtu, 11 Maret: Penyempurnaan di Glamping Maribaya

Bagi para mahasiswa, final kompetisi ini memberikan pengalaman berharga mengenai kekompakan tim. Atas inisiatif STP NHI Bandung, kesepuluh finalis dikumpulkan pada Sabut, 11 Maret di Glamping Marabaya untuk latihan penyempurnaan yang dipandu oleh pelatih-pelatih dari George Washington University, mitra IFI untuk program FITE ini. Setiap finalis dapat berdiskusi dengan seorang pelatih untuk menggali solusi bisnisnya, berlatih teknik presentasi dan menyempurnakannya.

 

Kesepuluh finalis bersama pelatih-pelatih mereka dari George Washington University di Glamping Maribaya

 

 

Minggu, 12 Maret: Final

Pembukaan Kompetisi oleh Prof. Dr. H. M. Ahman Sya (Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata)

 

 

Minggu, 12 Maret, di hadapan 200 penonton, kesepuluh finalis yang telah mempersiapkan diri mempresentasikan program mereka di depan para juri ahli yang terdiri dari Prof. Seleni Matus (Direktur International Institute of Tourism Studies, George Washington University), Mélanie Martini (Direktur IFI Bandung), Eduard Eddy Sugiri (Direktur PT Tata Urban Sukses) dan Christophe Glass (Direktur Tauzia Hotel Management).

 

 

Keempat juri sedang berdiskusi

 

Hari itu menjadi spesial ketika para juri, sebagai pelaku dan peneliti di bidang pariwisata dan pembangunan berkelanjutan, berbagi pengalaman dan saran dengan para mahasiswa yang hadir.

 

Senin, 13 Maret: Pengumuman Pemenang dan Wisuda STP NHI Bandung

 

Ketiga pemenang Kompetisi FITE 2017 diumumkan pada acara wisuda STP NHI Bandung dan dihadiri oleh sejumlah tokoh terhormat, yaitu Menteri Pariwisata, Dr. Arif Yahya, Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi, Dr. Asman Abnur, dan Konselor Kebudayaan Kedutaan Besar Prancis – Direktur IFI, Marc Piton

 

Ketiga pemenang Kompetisi FITE 2017

 

 

Marc Piton saat memberikan sambutan

 

Inasa Ori Sativa (STP NHI Bandung), Desy Ekaputri (STP Nusa Dua Bali) dan Pande Putu Wulandari (STP Nusa Dua Bali) memenangkan perjalanan untuk mengikuti pelatihan di Prancis yang dibiayai IFI/Kedutaan Besar Prancis di Indonesia dan Universitas Pariwisata Prancis, rekanan FITE. Ketiga pemenang akan mengikuti program pelatihan musim panas “Tourism Destination Management, Learning from France” pada bulan Juli mendatang.

 

 

Kesepuluh finalis menerima sertifikat.

 

Lihat profil ketiga pemenang dan solusi pariwisata berkelanjutan yang mereka tawarkan :